Sebelum Beli, Pahami Cara Mengetahui HP Asli atau Palsu

Sebelum Beli, Pahami Cara Mengetahui HP Asli atau Palsu

Handphone Asli atau Palsu

Handphone Asli atau Palsu

Bagaimana cara mengetahui hp asli atau palsu? Hal ini sering sekali menjadi banyak pertanyaan oleh sebagian orang yang akan membeli handphone serta menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Memang hal wajar Anda berfikir kritis seperti itu, dikarenakan saat ini sudah semakin banyak handphone bermerk tetapi ternyata masih menjadi barang palsu dan akan sangat merugikan konsumen dikarenakan penggunaannya menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, beberapa informasi di bawah ini akan di urai mengenai cara mengetahui hp yang asli atau tidaknya kemudian tips untuk membeli handphone agar tidak mudah tertipu.

Cara Menganalisa Handphone Asli atau Tidak

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek handphone yang akan Anda beli tersebut barang asli atau tidak.

Perama periksa IMEI yang tertera pada dus handphone apakah sesuai dan sama dengan IMEI yang terdapat pada bagian dalam handphonenya. IMEI adalah nomor seri yang bisa mengidentifikasi handphone apakah asli atau tidak, sehingga dengan persamaan tersebut Anda sudah tidak perlu khawatir lagi akan kepalsuannya. Tetapi jika berbeda Anda sebaiknya urungkan niat untuk membeli handphone tersebut dikarenakan bisa jadi barang itu salah satu black market yang tidak di sahkan oleh penjualan secara umum.

Periksa dahulu aplikasi yang terdapat pada handphone yang akan Anda beli, apakah aplikasi tersebut sesuai dari apa yang telah diberikan perusahaan handphone tersebut untuk bisa melakukan berbagai macam penggunaan seperti kapasitas foto, video, memory dan lain sebagainya. Salah satu handphone palsu adalah memory tidak sesuai dari apa yang diberikan dari promo yang telah dikeluarkan oleh perusahaan handphone tersebut.

Periksa harga pasaran dari handphone yang akan Anda beli, jika murahnya sangat jauh dari harga umum, sebaiknya Anda perlu wasapada. Logikanya adalah banyak orang ingin mendapatkan untung, tetapi jika dijual murah maka waspadai bisa jadi barang tersebut palsu.

Tips untuk mendapatkan handphone asli

Setelah Anda bisa mengindikasi mana handphone asli atau tidaknya, berikut beberapa tips sederhana jika Anda kesulitan untuk menganalisa barang yang akan di beli.

  1. Carilah tempat penjualan handphone yang sudah ternama dan memiliki jaminan keaslian langsung dari pabrik handphone, biasanya ciri-cirinya adalah toko yang mereka jual hanya satu jenis merk saja. Tetapi disitulah bukti bahwa mereka sudah mendapat sebuah sertifikasi yang menjaminkan bahwa barang tersebut aman dan asli.
  2. Carilah toko penjualan handphone yang memiliki pelayanan terbaik dan bisa menjelaskan hingga kepada fasilitas garansi ketika suatu saat handphone Anda mengalami kerusakan. Biasanya sikap profesional ini salah satu pembuktian bahwa mereka memiliki barnag yang asli.
  3. Jika Anda membeli handphone via online, sebaiknya lakukan pertemuan atau istilah yang sering dikenal adalah COD, sehingga Anda bisa cek langsung kondisi fisik handphone agar terhindar dari masalah penipuan dan barang yang palsu.
  4. Carilah harga pasaran handphone yang standar, jangan cari harga yang jauh lebih murah tetapi ingin merk handphone sesuai keinginan. Karena dampak tersebut Anda akan terarahkan kepada barang yang berasal dari black market, hal ini akan membuat Anda menyesal jauh-jauh hari.

Itulah cara mengetahui hp asli atau palsu dilihat dari segi nomor seri IMEI nya kemudian sudut pandang harga beserta dengan beberapa tips mudah agar Anda bisa mendapatkan handphone yang asli tanpa harus repot mengeceknya kembali keabsahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *