Cara Memperbaiki Touchscreen Pada Handphone Anda

Cara Memperbaiki Touchscreen Pada Handphone Anda

Cara Memperbaiki Touchsreen

Cara Memperbaiki Touchsreen Handphone

Cara memperbaiki touchsreen pada handphone bisa Anda lakukan dengan beberapa metode sebelum kepada tahap servis ke ahli reparasi handphone. Tetapi sebelum itu, sebaiknya Anda perlu perhatikan dahulu penyebab hal tersebut bisa terjadi. Berikut beberapa informasi bagi Anda untuk masalah touchscreen pada hp.

Penyebab Touchscreen Tidak Berfungsi dengan Baik

Beberapa indikasi penyebab ketika touchscreen Anda pada handphone menjadi tidak berfungsi, yaitu antara lain sebagai berikut.

Salah mendownload aplikasi sehingga merusak beberapa software yang berpengaruh terhadap handphone. Hal ini tanpa disadari ternyata sering terjadi oleh banyak para pengguna hp. Beberapa para ahli servis pun mengatakan bahwa sebelum mereka mengganti layar sentuh pada bagian depan handphone biasanya mereka mengecek beberapa aplikasi serta menghapus aplikasi yang menjadi penyebab touchscreen menjadi tidak berfungsi. Jadi sebaiknya Anda cek dahulu beberapa aplikasi-aplikasi pada handphone.

Kedua karena sebuah benturan, hal ini memang menjadi salah satu penyebab sehingga bagian kabel atau layar yang tidak sinkron dengan microchip di dalamnya mengharuskannya diservis kepada ahlinya.

Terakhir karena terkena air atau tenggelam, sudah barang tentu jika handphone yang tidak water resistant masuk ke dalam air akan menyebabkan fungsi handphone – termasuk touchschreen – menjadi tidak aktif bahkan bisa menyebabkan mati total.

Penyelesaian Sederhana

Untuk penyelesaian sederhananya adalah sebagai berikut ini:

  • Jika penyebabnya dikarenakan kena air, sebaiknya buka bagian bodi beserta baterainya kemudian keringkan dan jangan dinyalakan hingga memang benar-benar kering. Hal ini untuk menghidari dari konslet komputer karena saling berbenturan di dalamnya. Cara mengeringkan paling efektif adalah masukkan ke dalam kotak yang berisi silica gel atau masukkan ke dalam kotak penyimpanan beras. Air akan diserap lebih cepat.
  • Jika dikarenakan oleh software, sebaiknya Anda reset ulang untuk menghilangkan beberapa aplikasi yang Anda tidak mengenalnya kemudian mengembalikan fungsi touchscreen agar berfungsi kembali. Reset ulang adalah solusi mudah dan simple untuk mengatasi touchscreen pada handphone Anda.

Penyelesaian Tuntas dan Perawatan

Jika kedua hal di atas tidak bisa menjadi penyelesaian sederhana Anda, maka penyelesaian terakhir adalah melakukan servis dengan menggantikan beberapa bagian komponen yang tidak berfungsi. Untuk harga komponen yang diganti biasanya tergantung dari merk serta harga handphone tersebut. Tetapi selebihnya Anda bisa langsung mendatangi ahli servis handphone yang sudah ternama. Biasanya beberapa komponen tersebut adalah layar bagian depan, kemudian beberapa chip yang ada di dalam handphone untuk diganti dengan yang baru.

Oleh karena itu, berikut tips sederhana yang bisa mengantisipasi Anda agar tidak mengalami kerusakan yang serius dan menyebabkan kondisi handphone menjadi rusak dibagian touchscreennya, yaitu:

  1. Jaga handphone Anda dari benturan yang akan mengganggu bagian touchscreennya.
  2. Biasakan ditempatkan pada tempat yang aman atau bisa Anda gunakan hardcase sehingga dapat melindungi bagian depan layar handphone kesayangan Anda.
  3. Hindari penyimpanan handphone dekat dengan gelas atau yang mengandung banyak air, hal ini untuk menghindari sebuah keteledoran yang akan mengakibatkan handphone Anda kena air sehingga dapat merusak bagian layar touchscreen Anda.
  4. Jika sering disimpan pada bagian kantong, sebaiknya perhatikan posisi duduk serta kegiatan lainnya yang akan membuat Anda secara tidak sadar menduduki handphone sehingga layar akan pecah dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Demikian ulasan singkat mengenai cara memperbaiki touchscreen pada layar handphone Anda, dengan solusi sederhana hingga kepada tahap harus di servis kepada ahli reparasi handphone, ditambah dengan tips antisipasi agar Anda tidak harus memperbaiki handphone dengan touchscreen yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *