7 Cara Merawat Baterai HP, Nomor 4 Jarang yang Tahu

7 Cara Merawat Baterai HP, Nomor 4 Jarang yang Tahu

 Cara Merawat Baterai HP

Cara Merawat Baterai HP

Bagaimana cara merawat  baterai HP agar awet, tidak cepat habis dan tidak cepat rusak! Seperti diketahui bersama saat ini ada banyak ponsel-ponsel canggih dengan segudang aplikasi menarik dan pastinya sangat membantu para penggunanya.

Namun yang menjadi masalah kali ini adalah, ukuran atau daya tahan baterai yang disematkan pada ponsel tersebut kadang tidak secanggih dan sebanding ponselnya, itu sebabnya baterai capat habis. Sebetulnya ada berbagai macam cara yang dapat Anda gunakan untuk menghemat pemakaian baterai dan juga usia baterai itu sendiri.

1. Jangan biarkan baterai terlalu kosong

Jika baterai Anda tinggal sedikit lagi, segera isi ulang baterai ponsel Anda, dan jangan tunggu hingga benar-benar habis, karena itu akan merusak baterai itu sendiri. Jika saat itu Anda sedang berada di perjalanan, siapkan dan gunakan power bank, untuk mengisi ulang baterai. Jika Anda tidak membawa, segera matikan ponsel, agar baterai tidak benar-benar habis.

2. Jangan biarkan baterai yang penuh tetap terhubung dengan stop kontak

Jika Anda mengetahui bahwa baterai sudah penuh, segera putuskan dengan stop kontak. Jangan biarkan baterai yang sudah penuh terlalu lama berada atau terhubung dengan stop kotak, apabila hal ini berlangsung terlalu sering akan membuat baterai menjadi kembung. Meski teknologi sekarang sudah cukup canggih dimana pabrikan sudah merancang agar putus secara otomatis.

3. Jangan biarkan baterai berada dalam suhu panas terlalu lama

Jika Anda menggunakan ponsel terlalu lama, biasanya baterai akan cepat panas, dan jika baterai mulai panas atau memang sudah terasa panas. Sebaiknya hentikan penggunaan ponsel untuk sementara waktu, hingga suhu ponsel atau baterai menurun dan menjadi suhu ruangan. Jika baterai terlalu panas, akan membuat ponsel cepat rusak atau baterai itu sendiri yang akan cepat mengalami low bat. Salah satu tips untuk mendinginkan adalah melepas casing agar peredaran udara lancar, kalau sedang dekat AC, taruh handphone di depan blower biar cepat dingin.

4. Gunakan wallpaper hitam

Cara lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menghemat baterai adalah dengan menggunakan wallpaper hitam, menggunakan wallpaper hitam akan sangt menghemat baterai, karena cahaya yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi tersebut hampir tidak ada. Saat ini memang masih jarang orang yang menggunakan wallpaper polos ini, namun sebenarnya bisa dengan mudah dibuat, tinggal menggunakan kamera dengan latar belakang yang berwarna hitam, dan gunakan  gambar tersebut sebagai wallpaper, dengan demikian baterai menjadi hemat.

5. Gunakan brightness yang rendah

Anda juga dapat mengurangi brightness atau system pencahayaan dari ponsel tersebut. System pencahayaan untuk ponsel ini memang sangat menyerap energy baterai yang cukup besar. Dengan menggunakan brightness yang rendah, pastinya baterai Anda akan awet. Terutama jika sedang digunakan di tempat yang gelap atau remang-remang, turunkan brightness layar handphone. Atau setting auto-brightness agar secara otomatis menyesuaikan (jika sensor handphone mendukung).

6. Putuskan aplikasi yang tidak digunakan

Jika Anda selesai menggunakan salah satu aplikasi yang ada di ponsel tersebut, ada baiknya jika mematikan aplikasi tersebut. Hal itu sedikit banyak akan menghemat baterai. Jangan biarkan berbagai macam aplikasi terbuka atau idle begitu saja, secara tidak Anda sadari hal itu akan menyerap tenaga baterai.

Selain itu ada juga beberapa aplikasi yang sering Anda gunakan seperti paket data, dll. Hal-hal seperti ini pastinya akan sangat menguras energi baterai. Aktifitas mencari sinyal, pastinya dapat menyedot daya yang ada di baterai tersebut.

Jika Anda berada di rumah ada baiknya untuk mematikan aplikasi GPS, dan juga menggunakan paket data sesekali saja, hal ini akan banyak menghemat baterai Anda.

7. Gunakan wifi dibandingkan paket data

Jika Anda mempunyai jaringan wifi di rumah, sebaiknya gunakan fasilitas tersebut, dibandingkan menggunakan paket daya yang ada di ponsel Anda. Menggunakan jaringan wifi lebih sedikit menggunakan tenaga baterai dibandingkan paket data. Itu sebabnya ketika Anda menggunakan wifi maka baterai akan awet.

Demikianlah ulasan mengenali bagaimana cara merawat  baterai HP, semoga artikel ini berguna untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *