[RK5] UPDATED : Spesifikasi Dan Gambar Bocoran Kamera Leica Mini M

Leica-X-zoom-lens

Leica beberapa waktu lalu mengumumkan teaser untuk iklan kamera yang disebut sebagai Leica Mini M yang akan diumumkan 10/11 Juni 2013 besok. Banyak yang berspekulasi bahwa kamera tersebut adalah kamera berjenis rangefinder dengan ukuran yang lebih kecil dari Leica M10 yang ada sekarang, dan mungkin mengambil sensor APS-C.

Tetapi ternyata salah, kamera tersebut adalah kamera berjenis fixed-lense (lensa tidak dapat diganti) atau yang selama ini dikenal dengan seri X, seperti produk yang sudah lama ada Leica X2. Tetapi berbeda dengan kamera sejenis lainnya (Sony RX1, Nikon Coolpix A, Fuji X100s dll) atau dari Leica X2 sendiri, yang sebagian besar menggunakan lensa wide, kamera Leica Mini M akan memiliki lensa fixed zoom.

Berikut adalah spesifikasi singkat dari Leica Mini M.

  • Lensa (fixed) : Leica Elmar 28-70mm f/3.5-6.4 (FF equivalent)
  • Sensor : APS-C 16,1 Megapixel
  • Opsional : external electronic viewfinder
  • Body : Full Aluminum
  • Video : Full HD recording
  • Bundled dengan Photoshop Lightroom.

Harga  diperkirakan akan berkisar USD $3000, memang terlihat sangat mahal bagi yang tidak terbiasa dengan produk Leica. Terlihat harganya mirip dengan Sony RX1 yang juga berlensa fixed, tetapi lebih wide dan memiliki sensor FF. Berikut  adalah gambar iklan / teaser resmi Leica beberapa waktu lalu.

20130527-101601.jpg

Update :

Leica-Mini-M-camera-with-large-sensor

Teaser Leica yang baru ini sepertinya tidak menggambarkan sebagai kamera lensa fixed zoom seperti yang digambarkan di atas. Di laman facebook-nya, Leica mengatakan bahwa sensor yang digunakan besar tidak seperti biasanya (mungkinkah maksudnya lebih besar dari ukuran APS-C ?). Perlu diketahui bahwa sensor Leica M8 adalah crop factor 1.33x, lebih besar dari APS-C dan lebih kecil dari FF.


Lazada Indonesia

1 Comment

  1. Pingback: [RK5] Kamera Leica Mini M Akan Dinamakan Leica X Vario Type 107 | Rumor Kamera - Rumor Kamera

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *