Rumor Kamera

[RK5] Kamera Terbaru Sony RX100 Mk II, Sony RX1R Dan Mobile Cybershot Diumumkan 27 Juni

Pengganti Sony RX100, Image Credit Sony

Pengganti Sony RX100, Image Credit Sony

Update dari rumor sebelumnya mengenai dua kamera terbaru Sony dengan fixed-lens, yaitu Sony RX100 Mk II dan Sony RX1R. Kedua kamera ini akan diumumkan 27 Juni 2013 bersamaan dengan sebuah kamera smartphone yaitu mobile cybershot. Beberapa user guide kedua kamera bocor di internet, sehingga kita bisa mengetahui tambahan  detail spesidikasi dari kedua kamera.

Sony RX100 Mk II

Kamera Sony RX100 Mk II ini akan memiliki tiltable LCD seperti gambar yang diambil dari buku manual di atas (versi RX100 sebelumnya tidak memilikinya). Kamera ini akan memiliki sensor yang sama dengan RX100 dengan tambahan fitur flash hot-shoe dan built-in WiFi.

Sony RX1R

Sony RX1R, Image Credit Sony

Sony RX1R, Image Credit Sony

Dari sumber terpercaya SAR (dan juga melalui rekan-rekan dari photorumors.com) bahwa salah satu perbedaan antara Sony RX1 saat ini dan Sony RX1R adalah bahwa pada RX1R tidak akan ada filter AA (Anti Aliasing). Selain itu juga RX1R baru akan diperkenalkan sebagai versi ”Resolusi Tinggi” dari RX1, seperti pada Nikon D800E yang merupakan versi “Resolusi Tinggi” dari Nikon D800. Hal ini ditandai dengan sama persisnya manual book antara kedua kamera. Bisa di download disini.

Mobile Cybershot

Selain kedua kamera di atas Sony juga akan segera mengumumkan smartphone pertama mereka dengan hasil foto berkualitas tinggi dan bersensor besar. Dan kamera ini akan bersaing melawan Samsung S4 zoom yang baru saja diumumkan. Kamera ponsel hybrid ini akan memiliki sensor berukuran 1:2.3″ (ukuran yang sama seperti kebanyakan kamera kompak) dan optical zoom 10x. Ini mungkin menandai akhir dari era kamera kompak. Samsung S4 Zoom dan Sony Mobile Cybershot sepertinya akan masih sangat mahal (dibandingkan dengan kamera kompak entry-level). Tapi harga akan turun di masa depan dengan setiap rilis baru. Dalam 2-3 tahun dari sekarang mungkin tidak akan seorang pun yang akan membeli kamera kompak biasa lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>