[RK4] UPDATED! Leica CEO : Kamera Mirrorless Kami Bukan MFT

Leica-T-type-701-camera

Sebelumnya pernah kami rumorkan bahwa Leica akan membuat kamera mirrorless di tahun 2014 dan kemungkinan bergabung dengan sistem MFT. Meski rumor yang pertama sudah hampir bisa dipastikan, tetapi  rumor yang kedua sepertinya tidak akan terwujud. Hal ini terungkap dari Leica CEO Alfred Schopf yang secara tidak langsung mengatakan mereka tidak akan bergabung dengan Panasonic dan Olympus dalama sistem MFT. Berikut pemaparannya mengenai sistem kamera kompak baru mereka :

“Kami akan memiliki satu, pasti (red: kamera mirrorless). Dan itu akan, tentu saja, sangat berbeda dengan sistem M (red: sistem rangefinder). Kami ingin memiliki kamera dengan sistem autofocus seperti kamera mirrorless dan mungkin sensor berukuran APSC daripada Full Frame. Kamera ini akan made in Germany, namun saya tidak yakin kita bisa membuat semua lensanya, karena itu kita berbicara tentang kisaran harga yang berbeda dari sistem rangefinder M, sehingga saya bisa katakan bahwa kita akan membuat lensa fixed di Jerman dan untuk lensa zoom akan bekerja sama dengan mitra”

Mitra yang dimaksud di atas kemungkinan besar adalah Panasonic yang bulan lalu diberitakan “sedang mempertimbangkan untuk meningkatkan kemitraan bisnis dengan Leica Camera AG dan memasok produsen kamera Jerman dengan kamera digital high-end “. Beberapa waktu lalu Sigma juga dirumorkan akan segera rilis sistem mirrorless mereka, dan seperti juga Leica, juga sempat disebut bergabung dengan sistem MFT.

Bersamaan dengan itu, beredar kode kamera baru yaitu Leica T (701) yang bukan bagian dari sistem rangefinder. Ada dua kemungkinan, bahwa kamera Leica T merupakan kamera mirrorless yang diperbincangkan di atas, atau hanya kamera dengan fixed-lense seperti Sony RX1. Sumber rumor lain mengindikasikan kuat kamera baru Leica ini akan rilis sekitar Januari – Februari 2014. Mengapa Leica tidak mengambil arah ke sistem DSLR ? Berikut jawaban Alfred Schopf :

“Jujur, saya tidak yakin 100 persen dimana pasar DSLR akan berada di masa depan. Kamera-kamera mirrorless terus datang dan datang dan datang dan saya tidak sepenuhnya yakin bahwa dalam waktu sepuluh tahun kita masih akan memiliki pasar DSLR”.

Wawancara dengan bos Leica ini bisa dibaca selengkapnya di forum Leica.

Update RK5 :

Dua sumber 43rumors.com yang sangat bisa dipercaya telah mengkonfirmasi bahwa Leica tidak akan meluncurkan rebranding dari kamera mirrorless MFT Panasonic. Tetapi benar, Leica akan meluncurkan sistem yang sama sekali baru dengan menggunakan mount baru mereka sendiri. Sehingga rumor naik statusnya menjadi RK5, artinya hampir 100% pasti.

Kemungkinan tambahan adalah bahwa beberapa bulan yang lalu ada sumber yang handal yang mengatakan bahwa Panasonic sedang “bermain dengan ide” untuk bergabung dengan sistem Leica yang baru. Sistem Leica baru ini tidak akan bersaing dengan sistem MFT tetapi bermain di pasar yang jauh lebih tinggi dan lebih mahal. Ini bisa menjadi perubahan besar dalam strategi Panasonic. Yang pasti Olympus tidak akan memiliki kaitan dengan kerjasama Leica-Pansonic ini, Olympus sendiri juga sudah menjalin ikatan yang cukup kuat dengan Sony.

 


Lazada Indonesia

1 Comment

  1. Pingback: [RK5] Bocoran Gambar Leica T 701 - Rumor Kamera

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *