[RK2] Paten Panasonic Terbaru Eksternal Viewfinder Hybrid Untuk Kamera MFT

Paten Panasonic Hybrid Viewfinder

Paten Panasonic Hybrid Viewfinder

Dikutip dari Egami, bahwa Panasonic telah mengajukan paten di Jepang untuk viewfinder hybrid (gabungan optik dan elektronik). Gambar-gambar di atas menunjukkan vewfinder eksternal yang dapat dipasang ke hot shoe kamera. Viewfinder hybrid ini akan dapat berkomunikasi dengan kamera mirrorless MFT (micro four third) dan mendapatkan informasi seperti focal length lensa untuk menyesuaikan field view dari viewfinder.

Teknik ini sudah pernah diperkenalkan Fuji yang mereka gunakan di beberapa kamera X mereka. Seperti biasa perlu dicatat bahwa tidak semua paten akan segera menjadi produk masspro, perlu beberapa waktu untuk menjadi matang dan ekonomis dan siap dijual di pasaran.

Dengan viewfinder hybrid feel viewfinder optical yang responsif bisa didapatkan seperti menggunakan kamera DSLR. Tetapi karena desain kamera mirrorless tidak memiliki mirror untuk memantulkan cahaya dari lensa terpasang, maka FOV yang didapat dari viewfinder hybrid optical ini sangat terbatas. Untuk itulah bisa diubah ke mode elektronic yang akan menampilkan seperti yang ditampilkan sensor gambar utama. (Penjelasan perbedaan DSLR dan Mirrorless)

Berikut adalah beberapa rincian viewfinder hybrid tersebut :

  • Optical zoom yang dapat menyesuaikan focal length lensa
  • Built-in panel display EVF dengan frame image
  • Koreksi paralaks otomatis
  • Otomatis beralih antara OVF dan EVF ketika sudut pandang berada di luar jangkauan zoom

 


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *