Canon Pamerkan Sensor 120 MP, Satu File RAW Memakan 214 MB

Canon 120MP camera

Sensor 120 MP milik Canon awalnya pernah diumumkan pada tahun 2010 dan dipamerkan di ajang CP+ 2015 dalam wujud yang belum final. Pada tahun ini di Shanghai Canon Expo, perusahaan tersebut menampilkan kamera nyata yang menggunakan sensor tersebut. Meski begitu, ini bukanlah kamera akhir yang akan diluncurkan secara resmi nantinya.

Pada prinsipnya, lebih banyak piksel dalam foto dan video berarti lebih rinci dan lebih kaya warna, terlihat lebih realistis. Dalam prakteknya, meski begitu, pencitraan resolusi super tinggi dapat dibatasi oleh seberapa tajam mata manusia dapat melihat detil dan seberapa baik lensa kamera dapat melakukannya.

Dari pengamatan singkat didapatkan beberapa spesifikasi dari produk kamera yang dipamerkan dan cukup menarik, antara lain:

  • Rumah kamera identik dengan Canon EOS 5DS
  • Sebuah file gambar RAW dengan resolusi 13.248 x 8832 akan memakan tempat sebesar 214,1 MB
  • Anda berpotensi dapat menggunakan lensa standar sebagai lensa makro karena resolusi 120MP yang luar biasa detailnya

Belum ada informasi lainnya, tetapi rumor sebelumnya banyak memiliki spekulasi, bisa dilihat disini. Setidaknya rumor kali ini sudah lebih nyata dan berwujud. Kapan produk masal akan meluncur ke pasaran ? tidak dapat dipastikan. Kalaupun sudah rilis ceruk pasar yang ditarget kamera ini sangat kecil.

Berikut detail contoh informasi file gambar yang diambil dari kamera Canon 120 MP. Meski dalam bahasa Jepang bisa dikira-kira maksud dan nilai dari masing-masing parameter.

Canon 120MP camera file size

 

Laporan Detail dari DC Fever

Situs elektronik berbasis di Hong Kong DCFever mengunjungi stan dan melihat kamera Canon tersebut beraksi. Yang menarik adalah demonstrasi langsung di pameran, salah satu kamera DSLR 120MP diletakkan di atas meja kaca menunjuk ke bawah mengambil foto sebuah kotak diisi dengan objek yang berbeda.

Hasilnya menakjubkan. Gambar hasil dari kamera itu bisa dilihat di layar tembok raksasa dan pada komputer, dan saat di-zoom menunjukkan tingkat detail gila yang dapat diberikan sensor 120 MP tersebut.

 

 


Lazada Indonesia

3 Comments

  1. Pingback: Canon Pamerkan Sensor 120 MP, Satu File RAW Memakan 214 MB | Media Informasi Seputar Gadget

  2. Pingback: Canon Pamerkan Sensor 120 MP, Satu File RAW Memakan 214 MB | Media Informasi Seputar Gadget

  3. Pingback: Canon Pamerkan Sensor 120 MP, Satu File RAW Memakan 214 MB - Daily Trends

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *