Review Handphone Terbaru Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Review Handphone Terbaru Samsung Galaxy S6 Edge Plus

Review Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Review Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Kali ini saya coba review detail mengenai handphone yang lagi hot, yaitu Samsung Galaxy S6 Edge Plus. Memang sudah banyak yang mengulas tentang S6 Edge, versi kecilnya, yang sepertinya mirip-mirip sih secara teknologi, tapi gak ada salahnya kita ulas detail. Setiap produk tentu punya pasar dan keunggulan masing-masing.

Samsung Galaxy S6 Edge Plus sudah pernah kami tampilkan di bagian berita, mengenai spesifikasi, ulasan singkat dan gimana cara pre-order-nya ekslusif di www.lazada.co.id (jangan lupa hari ini jam 13.00). Sebelum memutuskan, yuk kita bahas ulasan detailnya dulu.

Spesifikasi Kunci Galaxy S6 Edge+

  • Prosesor Octa-Core Exynos 7420 chipset with 64 bit (14nm)
  • Sensor BSI CMOS 1/2.6-inch 16MP
  • Lensa aperture F1.9
  • Optical image stabilization
  • Video 4K
  • Kamera depan 5MP
  • Layar 5.7-inch Quad HD (2.560 x 1.440) Super AMOLED (518 ppi)
  • RAM 4GB LPDDR4
  • Baterai 3.000 mAh
  • Fast wireless charging
  • Finger Print
  • OS Android 5.1.1 (Lollipop)
  • Internal Storage 32/64GB

Dapur Pacu Dan Bodi S6 Edge Plus

Kamera Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Chipset Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Samsung tentu berusaha memberikan hardware dengan prosesor terbaik untuk hanphone jagoannya. Prosesor dengan Octa-Core Exynos 7420 chipset with 64 bit berteknologi chip 14nm. Dengan prosesor ini ia mampu membuat kinerja GS6 Edge Plus menjadi maksimal, karena ia harus melayani hardware-hardware kelas atas yang cukup rakus akan resource komputasi.

Kemudiah RAM juga sudah dalam kasta tertinggi dengan 4GB yang bagi sebagian orang agak bikin sedih, karena laptop atau PC aja kebanyakan masih memakai RAM 1 atau 2GB hehe. Tapi ya itulah teknologi, ada harga ada tenaga. Dengan RAM 4GB handphone mampu menjaga performa sehingga tidak lag atau ada jeda saat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, bahkan aplikasi dengan banyak komputasi grafis seperti game-game animasi 3D.

Bodi sudah tidak lagi menggunakana plastik, tetapi full metal, menjadikan terasa mantap ketika digenggam. Sementara pelindung layar tetap menggunakan Gorilla Glass baik di depan maupun dibelakang untuk menjamin bodi yang awet dan anti gores.

Dari uji coba baterai yang digunakan yaitu 3000 mAh, handphone ini mampu standby hingga berhari-hari dan mampu bertahan 1 hari untuk penggunaan normal. Bukan hanya itu, wireless chargingnya sekarang bisa isi dengan cepat dalam waktu yang sama seperti saat menggunakan kabel.

Layar Lengkung Dengan Densitas Tinggi

Layar Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Layar Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Keunikan dari handphone seri S6 Edge adalah layarnya yang melengkung melawan kontur tangan. Meski terasa kurang alami ketika dipegang, tapi demi tampilan yang mewah sah-sah saja. Layar lengkung memberikan kesan seperti handphone dari masa depan dan ini menjadi nilai jual bagi mereka yang mengutamakan style atau gaya. Kalau dilihat akan memberi kesan bahwa S6 Edge frameless (tanpa frame).

Dengan software yang sudah disiapkan Samsung, masih TouchWiz, kita dapat mengakses dengan cepat menu-menu aplikasi favorit dan kontak person tertentu melalui sisi layar yang melengkung itu. Meski terkadang secara tidak sengaja dari tepi layar melengkung tersebut tersentuh icon-icon dan menjalankan aplikasi yang tidak dinginkan.

Dengan diagonal layar 5,7 inch dan resolusi diatas Full HD yaitu Quad HD 2.560 x 1.440 (2.5K) menjadikannya sebagai salah satu dari sedikit ponsel pintar dengan densitas tertinggi. Karena sudah menggunakan teknologi AMOLED, kontras dan kecerahannya sangat tinggi meski dilihat di bawah sinar Matahari, warna hitam akan terlihat hitam, warna lain terlihat natural dan refresh rate-nya juga tinggi. Ketika dilihat dengan telitipun kita tidak perlu kawatir dengan tampilnya pixel pada aplikasi-aplikasi yang membutuhkan tingkat detail tinggi, seperti fotografi, film definisi tinggi dsb.

Densitas tinggi dan ukuran layar yang lebar, membuat Galaxy S6 Edge+ ini sangat cocok digunakan untuk mobile virtual reality. Meski tidak didukung oleh Samsung Gear VR, tetapi kita masih bisa menggunakannya dengan Google Cardboard atau VR headset lainnya.

Kamera Semi-Profesional

Kamera Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Kamera Galaxy Samsung S6 Edge Plus, Image Credit : Samsung

Samsung cukup terdepan dibanding pabrikan handphone Android lainnya jika masalah kamera, menjadikannya yang terbaik selama bertahun-tahun, meski kalau dilihat dari perbandingan secara kualitas gambar sedikit dibawah Apple iPhone. Kamera 16MP yang dibawa S6 Edge+ tentu mampu mengambil foto dengan hasil dan hidup tanpa perlu setting sana-sini. Tapi karena banyak pengguna yang juga penghobi fotografi yang ingin lebih kreatif, handphone ini juga menyediakan mode Pro agar bisa full kontrol. Lensa f/1.9 dibantu optical stabilizer juga mampu menghasilkan foto sedikit noise pada kondisi cahaya rendah, sehingga penggunaan lampu flash bisa dihindari.

Merekam video dengan handphone ini bisa tersambung langsung dan streaming ke youtube live. Video full HD 1080p-nya sangat tajam dengan warna-warna akurat dan detail. Didukung oleh AF yang cepat. Sementara untuk mengambil video dengan resolusi 4K, bisa juga tetapi dibatasi 5 menit saja untuk menghindari panas dan cepat habisnya storage.

Kesimpulan

Samsung Galaxy S6 Edge Plus tak diragukan merupakan monster paling canggih di dunia teknologi mobile, dilengkapi dengan otak dan material bodi berkualitas tinggi, sangat mewah dan mampu  membuat penggunanya gak mungkin mati gaya hehehe. Spesifikasi tinggi yang mungkin baru bisa disusul oleh kompetitornya dalam beberapa bulan lagi, dipadu dengan layar lengkung unik membuat S6 Edge Plus sulit untuk disamai. Meski begitu bukan berarti tanpa cacat, layar lengkungnya yang menjadi simbol pembeda masih dipertanyakan kegunaannya bagi sebagian orang. Samsung harus mampu membuktikan dengan update OS berikutnya bahwa layar lengkung tersebut bukan sekedar lipstik, tapi bisa memberikan fungsi yang baik bagi pengguna.

Kurang apalagi bro, handphone ini bisa segera di order melalui Lazada Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *