Menutup Aplikasi di iPhone Tidak Akan Menghemat Daya Baterai

Menutup Aplikasi di iPhone Tidak Akan Menghemat Daya Baterai

Mitos atau logika lama yang beredar bahwa menutup aplikasi di iPhone secara paksa melalui fitur multitasking, dapat menghemat baterai. Hal ini sudah lama menjadi perdebatan. Mitos lainnya adalah dengan menutup aplikasi-aplikasi diharapkan memory yang tersedia lebih banyak dan mempercepat kinerja aplikasi yagn sedang dipakai.

Mitos di atas akhirnya terjawab langsung oleh Apple sendiri. Awal pekan ini, pengguna iPhone memutuskan untuk mengirim email ke CEO Apple Tim Cook, dan mendapat balasan dari Craig Federighi, Apple Senior VP Software Engineering.

multitasking battery email

Bertanya secara khusus apakah dia sering menutup aplikasi dan apakah hal tersebut diperlukan untuk daya tahan baterai. Federighi menjawab dengan ringkas “tidak ada tidak.” Meskipun jauh dari rilis resmi, ini adalah pernyataan paling langsung dari Apple tentang mitos selama enam tahun sejak fitur multitasking tersedia di iOS 4.

Selain itu, bahkan sering menutup aplikasi ternyata malah membuat daya tahan hidup baterai akan semakin pendek. Karena untuk beberapa jenis aplikasi, ketika didorong ke proses background, ia benar-benar dibekukan dan tidak menggunakan daya baterai sedikitpun. Dan ketika aplikasi ditutup secara paksa, maka ia sepenuhnya dikeluarkan dari memory RAM. Sehingga jika berikutnya aplikasi tersebut dibuka lagi, akan memerlukan daya tambahan untuk load kembali ke RAM. Intervensi dari pengguna inilah yang justru memperburuk daya tahan baterai, padahal sebenarnya iOS akan menutup aplikasi secara otomatis ketika ia membutuhkan memory.

Pengecualian untuk aplikasi yang memanfaatkan “background app refresh”. Aplikasi Facebook salah satu tersangka yang sering menyebabkan baterai cepat habis, karena sangat banyak menggunakan proses background.

Jadi tips tambahan, jika baterai iPhone anda cepat habis, coba matikan aplikasi Facebook. Jika kemudian dirasa membantu memperlama daya tahan baterai, uninstall saja dan gunakan Facebook versi web melalui Safari. Dan berikutnya tidak perlu lagi menutup banyak aplikasi yang sudah terbuka, biarkan iOS yang mengaturnya sendiri.

2 Comments

  1. Pingback: 7 Alasan Mengapa Baterai HP Cepat Habis

  2. desi

    Aug 12, 2016 at 1:48 pm

    emmh gitu ya, makasih sharenya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *