Ini Fitur Utama Android N : Notifikasi Keren, Split Screen Mantap!

Ini Fitur Utama Android N : Notifikasi Keren, Split Screen Mantap!

Android N : Image Credit Techcrunch

Android N : Image Credit Techcrunch

Google telah mengirimkan build Android N tadi malam. Fitur Utama Android N antara lain adalah notifikasi yang lebih baik, layar yang bisa split dan multitasking dan aplikasi setting yang lebih mudah dan tambahan beberapa pilihan menarik.

Preview untuk developer ini dirasa cukup awal dalam tahap pengembangannya. Diharapkan Google mendapat banyak feedback, sehingga final build-nya nanti di pertengahan tahun sudah minim masalah. Secara umum Android semakin baik, dan semakin cepat cycle rilisnya.

Android N versi developer ini hanya kompatibel untuk Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9 dan Pixel C. Bagi yang ingin mencobanya bisa di download disini (ada langkah-langkah untuk proses install/upgrade).

Fitur Android N

1. Notifikasi yang Lebih Baik

null

Perubahan utamanya adalah keberadaan shortcut cepat ketika menarik notifikasi ke bawah. Selama ini dibutuhkan dua langkah untuk menampilkan tombol-tombol akses cepat ke setting, sekarang tidak masalah lagi.

Selain itu tombol-tombol shortcut tadi dikelompokkan menjadi yang beberapa halaman, halaman yang tampil pertama kali adalah yang paling sering digunakan, halaman-halaman berikutnya yang lebih jarang. Ini membuat tampilan halaman notifikasi lebih simpel, hanya satu baris saja.

Fitur keren lainnya adalah kemampuan menjawab pesan langsung dari halaman notifikasi. Sesuatu yang selama ini sudah diterapkan Apple di perangkat iOS mereka. Pesan ini termasuk SMS, whatsapp dll, jadi bisa balas pesan tanpa membuka aplikasi sama sekali.

2. Split-screen multitasking

null

 

Google akhirnya menambahkan dukungan split screen secara native pada Android. Meskipun OEM Andriod seperti Samsung, LG sudah mendukung fitur ini sejak lama. Untuk menggunakan fitur multitasking ini, tekan tombol overview/multitasking kemudian drag salah satu aplikasi ke bagian atas layar, kemudian pilih aplikasi lain ke bagian lain layar.

Fitur ini hanya bekerja dengan beberapa aplikasi yang sebagian besar milik Google. Aplikasi lain harus diupdate untuk dapat menggunakan fitur split screen. Untuk hanphone layar kecil memang tidak terlalu berguna, tetapi untuk tablet fitur ini sangat membantu meningkatkan produktifitas.

3. Settings app

Aplikasi setting juga mendapat banyak perubahan. Semua item menu di layar utama sekarang memiliki deskripsi di bawahnya, yang menjelaskan status dari pilihan setting saat ini. Sehingga untuk mengetahui kondisi setting sekarang, tidak perlu masuk ke dalam sub menu.

Menu setting juga memiliki pilihan baru, seperti data saver yang mengurangi konsumsi baterai untuk aplikasi background ketika menggunakan jaringan data dibandingkan Wi-fi. UI Tuner ada tambahan pilihan dark theme, juga night mode yang membuat layar lebih warm, agar mata tidak lelah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *