Hati-Hati! Ada Celah Keamanan Sensor Sidik Jari Pada Handphone

Hati-Hati! Ada Celah Keamanan Sensor Sidik Jari Pada Handphone

Sensor Sidik Jari pada Handphone

Sensor Sidik Jari pada Handphone

Kita  mungkin berpikir menggunakan sensor sidik jari pada handphone adalah metode yang sangat aman untuk mengamankannya, dalam kebanyakan kasus memang benar. Tapi jangan salah teknologi biometrik ini sangat mudah ditipu. Para peneliti di Michigan State University telah menemukan cara untuk membuka smartphone Anda menggunakan bahan-bahan sederhana seperti printer inkjet.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka dapat memanfaatkan printer inkjet dan kertas foto khusus untuk meniru sidik jari Anda dan menggunakannya untuk membuka lock handphone Anda, dengan proses yang memakan waktu kurang dari 15 menit saja. Temuan mengejutkan ini dipublikasikan dalam laporan rinci bulan lalu.

Kai Cao dan Anil Jain, para peneliti yang terlibat, menciptakan copy dari sidik jari menggunakan cartridge tinta khusus dan kertas, yang keduanya dibuat oleh perusahaan Jepang. Tinta melakukan konduksi listrik pada kertas khusus ini, dan menciptakan cetakan sirkuit. Langkah berikutnya adalah untuk memindai sidik jari seseorang dalam resolusi tinggi dan mencetak dengan printer inkjet.

Tentu ini meningkatkan kekhawatiran tentang kecanggihan keamanan pada handphone kita. Dalam uji coba, sidik jari palsu yang dicetak dapat dimanfaatkan untuk menipu sensor pada sejumlah perangkat Android termasuk Samsung Galaxy S6 dan Huawei Honor 7. Pada iPhone, para peneliti mendapatkan “hasil yang beragam.”

Dengan semakin trend-nya sensor sidik jari, yang telah diimplementasikan ke dalam smartphone terjangkau, dan semakin berkembangnya aplikasi seperti pembayaran mobile, sangat penting bahwa pabrikan harus lebih meningkatkan keamanan scanner sidik jari mereka untuk memperbaiki celah apapun yang ada dalam sistem.

Source : gadgets.ndtv.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *