Cara Menghapus Virus Di Android Dengan Mudah

Cara Menghapus Virus Di Android Dengan Mudah

Cara menghapus virus di Android

Cara menghapus virus di Android

Ada beberapa cara menghapus virus di Android yang bisa dicoba untuk mengembalikan fungsi dan performa handphone seperti sedia kala. Layaknya perangkat elektronik yang memiliki program, Android pun sangat rentan dengan yang namanya serangan virus. Biasanya ketika virus sudah hinggap di smartphone maka kinerja smartphone akan menurun bahkan pada tahap serius bisa merusak program Android itu sendiri.

Jika smartphone dirasa lambat dalam beroperasi, sering crash atau hang serta aplikasi yang tiba – tiba keluar sendiri maka bisa jadi telah terserang virus. Lalu bagaimana menghapus virus yang sudah menyusup ke dalam smartphone ?

Berikut ini adalah cara menghapus virus di Android yang cukup ampuh.

1. Cek dan hapus folder atau file mencurigakan

Mendownload dari sebuah website terkadang tidak selalu aman karena ada beberapa virus yang ikut terdownload dan mengendap menjadi trojan di Android. Virus bawaan dari download ini bisa menular dan mengganggu sistem kerja Android.

Jika setelah mendownload lalu muncul file atau folder asing di dalam hanpdhone maka lebih baik segera di hapus. Selain menambah berat kapasitas, file tersebut juga berpotensi untuk menjadi virus. Kecurigaan patut ditingkatkan jika file atau folder itu rusak tiba-tiba atau tidak bisa dibuka.

2. Pasang anti virus

Sistem kerja android yang selalu terhubung setiap saat dengan internet berpotensi besar untuk terkena virus. Terkadang ada iklan yang tanpa sengaja di klik dan ternyata merupakan virus yang kemudian merusak sistem operasi Android. Untuk itu sebagai pencegahan lebih baik jika memungkinkan pasang aplikasi anti virus. Anti virus yang dimaksud sama seperti anti virus di komputer pada umumnya namun lebih kecil ukurannya atau disesuaikan dengan kapasitas smartphone tersebut.

Anti virus untuk Android sangat mudah diunduh karena di Play Store banyak menyediakan versi gratisnya. Baik penginstallan maupun untuk upgradenya juga mudah, hanya butuh beberapa menit hingga anti virus bisa difungsikan dengan normal.

Beberapa aplikasi anti virus yang banyak dipakai adalah AVG, Norton dan NQ Mobile security dan lainnya (ini list anti virus di Playstore). Namun jangan lupa untuk memilih aplikasi yang bertuliskan for Android agar tidak salah mendownload anti virus untuk PC. Yang perlu diperhatikan juga adalah kesesuaian anti virus dengan smartphone, karena terkadang ada anti virus yang cocok untuk smartphone tertentu dan ada juga yang tidak.

3. Buang aplikiasi yang bermasalah

Aplikasi tertentu kadang membawa virus, selain membawa masalah pada RAM juga. Jika setelah memasang aplikasi tertentu kinerja smartphone menjadi tidak stabil maka bisa jadi aplikasi tersebut memang biar masalah.

Entah mengandung virus, tidak disupport oleh sistem Android atau memiliki crash. Lebih baik segera uninstall aplikasi dan langsung lakukan pembersihan. Hal itu agar tidak data atau cache aplikasi yang tertinggal dan menyebabkan kinerja smartphone tidak maksimal seperti biasanya.

4. Lakukan reset ulang

Cara ini merupakan pamungkas jika beberapa cara menghapus virus di Android di atas sudah tidak berhasil. Namun sebelum melakukan reset pastikan dulu untuk memback – up semua data yang ada di Android. Karena mereset ulang artinya mengembalikan kondisi smartphone kembali seperti semula atau saat masih baru dibeli (factory reset). Proses ini otomatis akan menghapus semua aplikasi dan data lain seperti musik, foto atau dokumen.

Cara melakukan reset ulang ini cukup mudah. Pertama masuk ke menu setting/pengaturan smartphone kemudian pilih menu privacy lalu klik menu reset ulang pabrik. Atau pada smartphone tertentu menu reset ini sudah langsung ada di dalam setting.

Setelah itu smartphone akan kembali seperti baru dan bisa difungsikan dengan normal lagi. Cara ini sebisa mungkin dihindari walaupun memang sangat ampuh sebagai cara menghapus virus di Android.

Demikian sedikit tips terkait virus di Android, semoga bermanfaat.

1 Comment

  1. Numz

    Jun 17, 2016 at 10:55 pm

    klo cara ngilangin ransomware gmn ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *