7 Alasan Mengapa Baterai HP Cepat Habis

7 Alasan Mengapa Baterai HP Cepat Habis

Baru saja di isi, mengapa baterai HP cepat habis ? Mungkin ini pernah menjadi pertanyaan Anda. Memang ada banyak sekali alasan mengapa baterai ponsel cepat sekali habis, berikut ini akan dibahas mengapa baterai handphone cepat sekali habis.

1. Baterai rusak

Hal pertama yang patut dicurigai menjadi penyebabnya adalah baterai mengalami kerusakan, seperti kembung, atau hal lainnya. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda mengecek baterai tersebut, apakah baterai mengalami masalah atau tidak.

Untuk mengeceknya Anda dapat menggunakan baterai yang sama, dan cek apakah baterai masih tetap cepat habis atau tidak, jika iya sudah dipastikan baterai Anda memang mengalami kerusakan.

2. Proses pengisisan tidak pas

Bisa saja Anda tidak mengisi baterai tersebut dengan baik. Ada kalanya ketika kabel tersenggol secara tidak sengaja menyebabkan pengisisan baterai tidak maksimal. Untuk itu gunakan kabel cas yang pas dan pastinya kalau bisa kabel ori rekomendasi dari pabrikan handphone itu sendiri, agar pengisian baterai lebih baik dan maksimal. Dengan demikian baterai akan terisi full dan Anda dapat menggunakan ponsel tersebut dengan leluasa.

3. Terlalu banyak menggunakan aplikasi

Ada kalanya terlalu banyak menggunakan aplikasi akan membuat baterai ponsel cepat terkuras. Memang ada beberapa aplikasi yang membuat daya baterai terkuras, seperti game 3D atau game MPROG. Ada juga beberapa aplikasi lainnya yang tidak terlalu menguras energy baterai seperti beberapa social media tertentu. Patut jadi catatan bahwa aplikasi Facebook dicurigai menjadi penyebab utama terkurasnya daya baterai.

Untuk mengatasi hal seperti ini, ada baiknya setelah selesai menggunakan aplikasi tersebut, segera matikan agar hemat baterai. Meski begitu, hal ini agak berbeda atau bahkan berkebalikan untuk kasus handphone iPhone (selengkapnya baca disini).

4. Menggunakan aplikasi wallpaper bergerak

Jika Anda menggunakan aplikasi wallpaper bergerak dan dinamis, sudah pasti energi baterai akan cepat terserap. Karena dalam penggunaaanya setiap kali aplikasi tersebut dijalankan, maka layar handphone yang menampilkan wallpaper tersebut akan memerlukan energi yang cukup besar karena diperlukan untuk terus-menerus merubah tampilan wallpaper.

Untuk mengantisipasinya gunakan wallpaper tidak bergerak, atau kalau mau lebih hemat lagi gunakan wallpaper hitam.

5. Selalu mengaktifkan paket data

Ada kalanya Anda selalu mengaktifkan paket data agar berbagai informasi seperti beberapa sosial media akan masuk dengan mudah, misalkan agar jika ada orang berkomentar di status facebook atau mention di twitter maka kita akan mendapatkan notifikasi instan.

Namun tahukah Anda bahwa mengaktifkan paket data terus menerus akan menghabiskan baterai Anda. Paket data tersebut membutuhkan daya yang besar untuk mencari sinyal dan juga mendownload berbagai macam informasi ke dalam ponsel Anda.

Ini yang akan membuat baterai handphone Anda cepat habis, untuk mengatasinya salah satunya gunakan jaringan wifi untuk selalu up date berbagai macam fasilitas sosial media yang Anda miliki. Atau jika menggunakan jaringan GSM pastikan tidak semua notifikasi sosial media dinyalakan.

6. Melakukan aktifitas download atau upload

Jika Anda sering download atau mengupload sesuatu, pastinya itu akan menghabiskan daya baterai ponsel Anda. Jika Anda termasuk orang yang selalu mendownload atau mengupload sesuatu, ada baiknya selalu sediakan power bank agar baterai tidak cepat habis. Atau lakukan download saat terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi.

7. Mengaktifkan aplikasi update otomatis

Secara tidak Anda sadari ketika mendownload aplikasi tertentu Anda, secara default akan terpilih untuk selalu mengupdate secara otomatis, ini adalah salah satu hal yang dapat menguras energi baterai. Namun hal ini tentunya tidak masalah jika Anda berada di dalam rumah, karena apabila baterai sudah habis, dapat langsung di cas kembali. Yang menjadi masalah jika sedang berada di luar rumah aplikasi mengupdate sendiri tanpa kita sadari.

Jika ingin usia baterai tidak mudah habis atau tidak cepat rusak, sebaiknya selalu jaga kondisi baterai terisi dengan baik, dan jangan biarkan ponsel terus tersambung dengan stop kontak setelah baterai penuh, karena hal ini akan membuat baterai cepat rusak. (Baca: tips merawat baterai).

Dengan memahami mengapa baterai HP cepat habis pastinya Anda akan lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi agar dapat menghemat penggunaan baterai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *