Tips Singkat Merawat Kamera DSLR dan Mirrorless

Dry Box, Image Credit leoque.com

Dry Box, Image Credit leoque.com

Kamera DSLR dan Mirrorless tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda pecinta dunia fotografi. Untuk fotografer pemula, kamera mirrorless memang menjadi pilihan tepat karena body kamera yang lebih ramping dan ringan dibanding kamera DSLR. Persamaan antara kamera DSLR dan Mirrorless adalah keduanya sama-sama membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini karena kedua jenis kamera ini memiliki komponen-komponen yang cukup sensitif dan mudah rusak jika Anda tidak berhati-hati dalam perawatan ataupun penggunaan, terutama lubang mount tempat lensa kamera dipasangkan. Berikut cara mudah merawat kamera DSLR dan mirrorless.

Jauhkan Kamera dari Air

Jauhkan kamera DSLR atau mirrorless Anda dari air. Jangan biarkan basah kecuali kamera Anda benar-benar waterproof atau weather-sealed. Jika kamera Anda tidak tahan air, maka jauhkan kamera dari jangkauan air karena air bisa merusak komponen yang ada di dalam kamera. Air menyebabkan keadaan di dalam internal kamera menjadi lembab, sehingga komponen internal kamera Anda bisa rusak.

Tempat penyimpanan kamera pun sebaiknya kering, sejuk, dan tidak lembab. Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa membeli dry box yang akan memudahkan Anda mengontrol tingkat kelembaban ruang penyimpanan. Terdapat pula alternatif lain yakni menggunkana silika gel untuk menyerap kelembaban yang pastiya aman dan lebih hemat untuk melindungi kamera DSLR atau mirrorless Anda.

Sebagai catatan, jangan meninggalkan kamera Anda di dalam mobil terutama untuk waktu yang cukup lama. Seperti yang telah Anda ketahui pastinya, kamera DSLR dan mirrorless memiliki rentang suhu aman. Meninggalkan kamera Anda di dalam mobil sangat berisiko karena panas di dalam mobil bisa melebihi rentang suhu kamera. Akan lebih berisiko tentunya jika mobil Anda diparkir di tempat yang terpapar panas Matahari secara langsung.

Jaga Kebersihan Lensa

Lensa adalah salah satu bagian penting pada kamera. Cara mudah merawat kamera DSLR dan mirrorless khususnya untuk bagian lensa adalah membersihkan lensa dengan cairan pembersih khusus secara rutin. Adapun kesalahan yang sering dilakukan pemula yakni cairan pembersih disemprotkan langsung ke lensa dan bukannya ke kain microfiber. Cairan pembersih seharusnya disemprotkan dulu ke kain microfiber baru selanjutnya diusapkan untuk membersihkan lensa hingga bersih. Alat pembersih lensa ada juga yang dalam bentuk pen/spidol, alat ini lebih praktis digunakan.

Waspadai Air Laut

Air laut atau air garam memiliki sifat korosif yang mampu menimbulkan karat di dalam kamera ataupun lensa. Setelah agenda memotret di laut atau pantai Anda selesai, segera bersihkan kamera menggunakan lap yang dibasahi untuk menghilangkan sisa-sisa garam yang mungkin menempel. Setelah itu lanjutkan dengan mengelap kamera menggunakan kain yang kering dan berbahan lembut.

Perhatikan Perubahan Arus Listrik

Kamera memiliki komputer di dalamnya. Hal ini berarti kamera Anda cukup rentan dengan adanya perubahan arus listrik secara tiba-tiba. Oleh karena itu, jika Anda ingin menghubungkan kamera Anda ke komputer pastikan Anda telah mematikan kamera terlebih dahulu sebelum melepas baterai dan memory card.

Demikian beberapa cara mudah merawat kamera DSLR dan mirrorless. Sangat mudah pastinya untuk dilakukan hanya saja memang menuntut ketelatenan Anda dalam perawatan dan penggunaan. Semoga bermanfaat.


Lazada Indonesia

2 Comments

  1. Rio

    12 September 2014 at 3:29 pm

    Mohon bantuannya. Untuk memberi tutorial tips memilih dan membeli produk cleaning camera (microfiber, lens clean pen, blower, dll) yang berkualitas baik agar tidak salah memilihnya. Karena saya ada rencana membeli cleaning kit dan lens cleaning pen. Terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *