Tahapan Belajar Fotografi Digital Dasar Untuk Pemula

Fotografi Digital, Image Credit Earthtimes

Foto Digital kian berkembang mengikuti perubahan zaman. Beragam karya indah bisa anda ciptakan melalui jepretan kamera digital. Dunia fotografis sangat seru dan menyenangkan, sehingga semakin banyak yang terjun baik secara amatir maupun pro di dunia ini. Jika anda termasuk pemula dalam bidang fotografi, sebaiknya mengawali pemakaian kamera yang tidak memiliki fungsi dan fitur yang terlalu banyak dan rumit.

Sangat dianjurkan bagi pemula untuk  memakai kamera sederhana, mudah dioperasikan dan harga yang murah sebagai pilihan kamera terbaik. Memulai dari paling mudah tentunya tidak akan membebani. Grafik pembelajaran bisa lebih lancar, pelan bertahap tapi pasti. Tetapi kecepatan dalam belajar dan berlatih harus ditingkatkan secara bertahap. Sehingga suatu saat anda layak dikatakan sebagai seseorang yang mahir di bidang fotografi. Tahapan belajar fotografi digital untuk pemula adalah sebagai berikut.

Gunakan kamera sederhana yang mudah dioperasikan

Untuk kemudahan dalam pemakaian, sebaiknya anda memilih kamera yang membuat anda nyaman dalam operasionalnya. Jika suatu saat anda telah menguasai beragam fitur kamera sederhana, maka anda bisa beranjak memakai kamera yang memiliki fitur yang lebih canggih dan kompleks. Alasan lainnya adalah kamera sederhana yang biasa anda gunakan tidak memiliki fitur lanjutan yang lebih memadai sesuai dengan kebutuhan anda. Karena masih dalam tahapan belajar, para pemula tidak harus membeli kamera dengan harga mahal dikarenakan fitur yang lebih lengkap dan biasa digunakan fotografer profesional. Harga kamera yang lebih murah tentunya bisa menghemat biaya belajar anda.

Kualitas gambar yang ditangkap oleh kamera juga sangat dipengaruhi oleh kekuatan resolusi yang diukur dengan satuan megapixel. Jika anda hanya menggunakan kamera untuk menangkap foto keluarga, foto santai bersama teman dan foto non formal lainnya kamera dengan kapasitas 3 hingga 6 megapixel sudah cukup anda gunakan. Tapi bila anda menghendaki kualitas gambar yang lebih bagus, mudah diedit dan diperbesar maka anda membutuhkan kamera dengan resolusi lebih tinggi. Karena ketajaman gambarnya akan terlihat lebih tinggi. Bagi pemula anda bisa memakai kamera poket atau kamera DSLR dengan fitur sederhana.

Beri sentuhan artistik

Tampilan Aplikasi Gimp, Image Credit Visionwidget

Untuk hasil foto terbaik sesuai keinginan, hasil jepretan kamera bisa dipoles sedikit dengan sentuhan aplikasi komputer. Sehingga karya fotografi anda lebih memiliki keindahan dan artistik berbeda yang anda harapkan. Karena mungkin saja hasil jepretan kamera anda terlihat lebih gelap atau terlalu terang. Termasuk ketika anda ingin menghapus beberapa bagian yang menurut anda tidak perlu. Aplikasi yang bisa digunakan antara lain Adobe Photosop, Adobe Lightroom atau yang gratisan seperti Gimp.

Belajar fotografi saat ini lebih mudah karena ditunjang oleh teknologi memadai dan murah. Selain itu beragam informasi mengenai teknik, cara pengolahan foto dan sebagainya tersaji lengkap di dunia maya dan di berbagai judul buku berkaitan dengan dunia fotografi. Untuk mempertajam keahlian fotografi anda juga bisa bergabung dengan berbagai komunitas fotografi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Untuk ajang publikasi dan penilaian karya fotografi anda bisa mengikuti pameran dan lomba yang sering digelar.

Demikian singkat saja secara umum, tahapan belajar fotografi digital bagi pemula. Untuk lebih detail lagi silahkan baca berbagai sumber bacaan gratis di internet, termasuk di situs Rumor Kamera ini. Semoga bermanfaat.


Lazada Indonesia

1 Comment

  1. harga cetak foto 5r

    28 April 2016 at 9:25 am

    Terima kasih untuk infonya….

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *