Panduan Fotografi #6 – Menguasai Komposisi Pada Foto Landscape

Daftar Isi Panduan Fotografi

Kali ini kita akan mengangkat terkati komposisi pada foto alam atau landscape. Seri panduan fotografi dengan gambar infografis cheatsheet yang mudah dipahami, diambil dari berbagai sumber dan bermacam kategori.

Infografis fotografi ini menjadi hak cipta pembuatnya dan selalu kami sertakan sumber referensinya di bagian bawah. Akan diupdate secara bertahap setiap hari hingga lengkap semua. Semoga dengan infografis menarik ini bisa membuat belajar fotografi semakin mudah.

Menguasai Komposisi pada Fotografi Landscape

Terkait komposisi secara umum kami memiliki artikel tentang yang disusun dari Arbain Rambey, silahkan dibaca karena banyak penjelasan yang mudah dipahami. Untuk artikel panduan yang disini, bagi pemula mungkin agak sedikit membingungkan tapi tidak apa-apa, lanjut.

Untuk infografis kali ini lebih dikhususkan komposisi pada foto landscape. Bagaimana langkah-langkah melakukan komposisi framing foto landscape ? Kami jelaskan sedikit dari gambar infografis di bawah.

Pertama setting dalam mode manual aperture dan gunakan setting aperture selebar mungkin. Kemudian putuskan untuk mengambil foto secara wide atau crop (zoom in) yang akan menentukan langkah-langkah berikutnya.

Jika mengambil secara wide maka perhatikan garis-garis dalam rule of third, tentukan garis atau obyek pada rule of third yang akan menuntun mata pada frame foto secara menyeluruh.

Sementara jika mengambil foto secara crop (zoom in) maka cari pattern yang ada dari obyek pemandangan yang sedang difoto. Selain pattern juga bisa dengan elemen terisolasi yang akan menjadi POI (point of interest) utama.

Jika tidak ada posisi rule of third atau tidak ada pattern dan obyek terisolasi, maka cari space/ruang kosong yang bersih untuk menjadikan foto dengan POI abstract. Jika dari garis obyek dalam rule of third, pattern, obyek terisolasi dan ruang kosong tidak ditemukan maka pergi dan cari obyek landscape lainnya.

Catatan: Saya pribadi cenderung tidak kaku terhadap aturan ini, lakukan sekreatif mungkin. Skill komposisi sangat tergantung dengan jam terbang, makin tinggi tentu semakin ahli. Jika ada masukan atau koreksi silahkan komentar di bawah.

 

menguasai komposisi

Menguasai Komposisi Foto Landscape

Source : www.techradar.com


Lazada Indonesia

2 Comments

  1. Pingback: Panduan Fotografi #5 - Penjelasan Singkat dan Mudah Apa Itu F-Stop

  2. Pingback: Panduan Fotografi #1 - Inilah Cara Menggunakan Kamera Paling Dasar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *