web stats

Panduan Fotografi #4 – Teknik Fotografi Low Light Ini Bisa Membuatmu Jadi Fotografer Keren

Daftar Isi Panduan Fotografi

Seri panduan fotografi dengan berbagai gambar infografis sebagai kertas contekan (cheatsheet) yang gampang dipahami, diambil dari berbagai sumber dan macam kategori.

Infografis cheatsheet ini menjadi hak cipta pembuatnya dan selalu kami sertakan sumber referensinya di bagian bawah. Akan diupdate secara bertahap setiap hari hingga lengkap semua. Semoga dengan infografis menarik ini bisa membuat belajar fotografi semakin
menyenangkan.

Mengapa Low Light itu Keren ?

Seri keempat ini judulnya agak bombastis. Teknik fotografi low-light atau minim cahaya bisa membuat kita jadi fotografer keren ? Iya .. kenapa tidak.

Fotografi low-light bisa dikatakan salah satu teknik yang paling susah. Mengapa ? Karena kondisi cahaya minim tentu berbeda dengan kondisi banjir cahaya. Cahaya minim perlu teknik khusus yang tidak dibutuhkan saat cahaya melimpah.

Salah satunya adalah pengaturan secara manual antara Aperture. Untuk mendapatkan foto yang tajam gunakan setting Aperture terbesar, dan biarkan Shutter Speed menentukan sendiri (auto).

Jika cahaya terlalu minim sementara Shutter Speed tdk cukup cepat untuk mendapatkan gambar tajam, naikkan ISO. Perhatikan semakin tinggi ISO semakin banyak noise pada foto.

Ada kondisi dimana Aperture harus diset minimal dan Shutter Speed diset tinggi beberapa detik, yaitu pada pengambilan foto Light-Trail. Diharuskan menggunakan tripod untuk kondisi ini.

Selengkapnya lihat cheatsheet di bawah.

Hasil Foto Low Light

Hasil foto malam atau minim cahaya lebih dramatis daripada foto siang. Karena kondisi ekstrim, membuatnya tampil lebih menarik, bisa membuat lebih fokus pada POI dengan isolasi cahaya yang dimainkan.

Jika terus dilatih teknik foto low-light dengan panduan di bawah, anda bisa ahli dan semakin lama foto yang dihasilnya akan semakin keren. Jam terbang dengan terus berlatih mengambil foto tentu sangat menentukan.

Practice makes Perfect!

source : blog.snapsort.com


Lazada Indonesia

3 Comments

  1. Pingback: Penjelasan Singkat dan Mudah Apa Itu F-Stop

  2. Pingback: Panduan Fotografi #2 - Menguasai Setting Kamera dan Memahami Efeknya

  3. Pingback: Panduan Fotografi #6 - Menguasai Komposisi Pada Foto Landscape

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *