Panduan Fotografi #3 – Mengenal Kamera Digital dan Berbagai Jenisnya

Daftar Isi Panduan Fotografi

Seri panduan fotografi dengan berbagai gambar infografis sebagai kertas contekan (cheatsheet) yang gampang dipahami, diambil dari berbagai sumber dan kategori.

Infografis cheatsheet ini adalah hak cipta pembuatnya dan selalu kami sertakan sumber referensinya di bagian bawah. Akan diupdate secara bertahap setiap hari hingga lengkap semua. Semoga dengan informasi menarik ini bisa membuat belajar fotografi semakin menyenangkan.

Mengenal Kamera Digital

Seri ketiga ini mungkin tidak ada hubungannya dengan teknik fotografi. Tetapi memahami apa itu kamera digital, keunggulannya dan berbagai jenisnya. Tujuannya adalah jika suatu saat kita sebagai fotografer diminta menggunakan kamera yang belum pernah kita punya, minimal kita sudah tahu.

Kamera digital jelas berbeda dengan kamera film, keunggulannya membuatnya dengan cepat diadopsi oleh banyak orang. Dengan teknologi digital, kamera makin mudah digunakan terutama dalam hal reproduksi foto yang dihasilkan.

Kualitas foto memang menjadi perdebatan. Bagi purist, hasil kamera film tidak bisa dikalahkan terutama jika dirasakan dari sisi seni. Tetapi jika diukur secara teknis, kamera digital sudah melampaui kamera film.

Jenis Kamera Digital

Ada jenis DSLR, ada Mirrorless, ada kamera kompak dan kamera bridge. Untuk detail perbandingan antara DSLR dan Mirrorless bisa baca disini.

Kamera DSLR unggul di ukuran sensor dan dukungan lensa yang banyak. Hasil yang didapatkan juga bisa dikatakan terbaik dibanding jenis kamera lain, tentu dengan teknik yang baik.

Kamera Mirrorless sudah bisa menyamai performance dan kualitas foto kamera DSLR. Ukuran sensornya juga sudah banyak yang Full Frame, tetapi dengan absen-nya mirror – makanya disebut mirrorless, merujuk pada DSLR yg pakai mirror – ukurannya kamera ini lebih mungil dan kompak.

Kamera kompak bisa dibuat mungil sehingga bisa dikantongi. Keunggulannya adalah dari bentuknya yang tidak memberatkan dibawa kemana-mana. Bukankah kamera terbaik adalah kamera yang selalu ADA saat dibutuhkan ? Saat ini kamera kompak pun sensornya banyak yang berukuran besar, bahkan Full Frame. Kelemahannya lensanya fixed dan tidak bisa diganti-ganti.

Kamera Bridge ukurannya mirip DSLR/Mirrorless tetapi lensanya fixed seperti kamera kompak. Keunggulannya terutama pada range focal-length lensanya yang memiliki zoom sangat tinggi, bisa mencapai 50x dengan ukuran yang masih wajar.

Berikut infografis yang dibuat oleh Panasonic mengenai kamera digital.

Mengenal Kamera Digital dan Jenisnya

Mengenal Kamera Digital dan Jenisnya

 


Lazada Indonesia