web stats

Panduan Fotografi #2 – Menguasai Setting Kamera dan Memahami Efeknya

Daftar Isi Panduan Fotografi

Seri panduan fotografi dengan berbagai gambar infografis sebagai kertas contekan (cheatsheet) yang gampang dipahami, diambil dari berbagai sumber dan kategori.

Semoga mempelajari teknik fotografi dengan lebih mudah dan menyenangkan. Infografis cheatsheet ini adalah hak cipta pembuatnya dan selalu kami sertakan sumber referensinya di bagian bawah. Akan diupdate secara bertahap setiap hari hingga lengkap semua.

Menguasai Setting Kamera dan Memahami Efeknya

Sebenarnya cheatsheet #2 Menguasai Setting Kamera ini mirip dengan yang pertama, jadi tidak banyak yang akan kami jelaskan disini. Hanya pengulangan untuk memantapkan pemahaman. Ilustrasinya lebih berwarna melengkapi versi yang pertama.

Exposure bisa disetting -3 hingga +3 .. intinya membuat gambar lebih gelap atau lebih terang.

Aperture (bukaan) akan mempengaruhi kecerahan dan ketajaman gambar. Semakin lebar bukaan semakin terang karena banyak cahaya dan ruang tajam semakin sempit. Semakin kecil bukaan semakin sedikit mendapat cahaya dan ruang tajam semakin luas.

Shutter Speed (kecepatan rana)  mempengaruhi lamanya cahaya masuk ke sensor. Semakin lama semakin banyak, artinya gambar semakin terang. Semakin lambat semakin sedikti cahaya diterima, artinya semakin gelap.

ISO atau sensitifitas. Semakin rendah ISO semakin tidak sensitif, cahaya sedikit tapi gambar bersih. Semakin tinggi ISO semakin sensitif, cahaya mudah diterima tapi gambar makin noise.

Detail terkait efek Aperture, Shutter dan ISO baca disini.

White Balance menentukan warna atau tone foto.  Auto kamera yang akan menentuka tapi di kondisi cahaya buatan (seperti lampu) kadang kurang tepat sehingga warna foto tidak balance. Detail baca disini.

Okay, moga bermanfaat!

tumblr_lh8ks0EpoC1qbuq0to1_r1_1280


Lazada Indonesia