Bagaimana Memaknai Karya Fotografi

Image Credit : Steve Rhodes

Image Credit : Steve Rhodes

Fotografi merupakan aktivitas bernilai seni yang menghasilkan foto atau gambar dengan menggunakan kamera. Berdasarkan karya fotografi bisa ditemukan beragam jenis, diantaranya foto manusia yang menampilkan sisi human interest dalam kehidupan sehari-hari, foto nature yang menggambarkan keindahan flora, fauna dan alam, foto arsitektur yang menyajikan sisi indah dari sebuah bangunan berkaitan dengan unsur konstruksi, desain, budaya dan sejarah, foto Still Life yang menampilkan foto benda mati seakan hidup, ekspresif dan komunikatif sehingga bisa menyampaikan pesan tertentu dan foto jurnalistik yang diciptakan untuk keperluan dunia pers atau informasi.

Sebuah foto bisa bercerita lebih banyak dibandingkan tulisan

Sebuah karya fotografi bisa bermakna luas, tentu dibutuhkan cara bagaimana memaknai karya fotografi. Sebuah foto bisa lebih banyak menjelaskan beragam hal, dibandingkan kata-kata. Dari selembar foto banyak kenangan yang bisa diabadikan dari masa lalu. Layaknya sebuah rekaman dan catatan, foto dapat mengungkap berbagai hal berkaitan dengan nilai keindahan, sejarah, gaya hidup dan banyak kenangan lainnya. Sebuah foto juga bisa membantu kesuksesan dalam bisnis, karena mampu menyajikan tampilan iklan yang memukau. Karya fotografi tak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Apalagi dalam era informasi saat ini, kebutuhan akan foto sangat besar dan menyentuh segala ranah kehidupan manusia.

Teknologi dunia fotografi semakin berkembang mengikuti kemajuan zaman. Perkembangan yang banyak terlihat adalah pada perangkat kamera, penyimpanan hasil pemotretan dan mesin pencetak foto. Pencetakan foto saat ini lebih mudah dengan memilih foto terbaik dari memori kamera. Karena saat ini tidak diperlukan film atau klise untuk pengambilan gambar. Karena terdapat media penyimpanan digital, sehingga anda bisa langsung menghapus foto yang dianggap kurang bagus.

Teknologi kamera saat ini juga dilengkapi fitur canggih dan mudah dioperasikan. Hampir semua orang menyukai aktifitas berfoto, sehingga fitur kamera juga disematkan pada perangkat ponsel , tablet dan gadget lainnya. Sehingga semua orang bisa menghasilkan karya fotografi meskipun dari sebuah ponsel tentunya dengan kemampuan terbatas, dibandingkan dengan pemakaian kamera profesional yang berharga puluhan juta rupiah. Tapi dengan fitur kamera di ponsel, anda bisa menuangkan ekspresi melalui jepretan kameranya. Sehingga beragam momen bisa anda ciptakan yang akan menjadi kenangan sepanjang masa.

Menyajikan karya seni yang kreatif dan memukau

Melalui fotografi, seseorang bisa terangsang kepekaan dalam mengabadikan momen indah yang mungkin hanya terjadi saat itu saja, seperti yang ditampilkan pada foto jurnalistik. Anda juga bisa menampilkan produk yang menarik dalam sebuah foto Still Life. Bisa juga dengan menampilkan cerita pada sebuah foto saat pesta pernikahan. Seorang forografer akan ditantang untuk menyajikan beragam gaya penganten yang tertangkap indah. Karya fotografi akan tersaji sempurna, bila fotografer mampu mengelola tata cahaya yang dibutuhkan. Karena seni fotografi sangat mengandalkan cahaya dalam penciptaan sebuah gambar. Itulah kenapa di dalam sebuah kamera pasti terdapat fitur pengaturan cahaya. Jika memang dibutuhkan cahaya yang lebih banyak, maka anda bisa menciptakan cahaya tambahan.

Demikian sedikit dari catatan kami, semoga dapat menambah wawasan dan ide bagaimana kita memaknai karya fotografi.


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *