Bagaimana Industri Kamera Mengalami Depresi ? Simak Infografis Ini

Infographics Industri Kamera 2016

Infographics Industri Kamera 2016

Memang banyak hal-hal yang tidak berjalan dengan baik di industri kamera digital dan ini bukanlah berita baru. Tetapi selama ini kita tidak mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana hal-hal terkait industri kamera terjadi pada tahun 2016 dan tahun-tahun sebelumnya. Berikut infografis dari Lensvid berdasarkan data CIPA.

Pembunuh Kamera Kompak

Smartphone membunuh pasar kamera kompak dengan cukup sadis, dari lebih dari 100 juta kamera kompak dijual di tahun 2010 kemungkinan besar hanya akan dijual di bawah angka 10 juta unit pada tahun 2017 ini. Sebagai referensi, pada tahun 2016 penjualan global handphone mencapai 1,5 miliar unit, sebuah angka yang sangat fantastis, meningkat dari 5 persen dari tahun 2015.

Kamera Mirrorless Belum Penuhi Janji

Mirrorless cukup membuat banyak kebisingan di industri fotografi. Tetapi melihat angka-angka penjualannya ternyata masih kurang atau hanya stagnan selama 3 tahun terakhir yaitu sekitar 3 juta kamera per tahun, masih  jauh dari angka yang mengesankan. Kesan bahwa kamera mirrorless masih mahal, lensa terbatas, tidak seresponsif DSLR masih melekat di benak calon pembeli. Pabrikan sepertinya gagal memberikan edukasi atau update ke masyarakat bahwa kamera mirrorless saat ini sudah jauh berbeda dengan generasi sebelumnya.

Pasar Kamera DSLR Menyusut

Kamera DSLR mengalami penurunan sudah lama diramalkan, tetapi ternyata bukan karena munculnya kamera mirrorless. Mengapa penyusutan market DSLR ini terjadi mungkin disebabkan beberapa kombinasi sebab. Di level entry beberapa calon pembeli yang diharapkan membeli DSLR beberapa tahun lalu ternyata sudah cukup puas dengan kamera smartphone mereka yang terus semakin canggih dari sebelumnya. Dan trend sekarang kemampuan handphone makin meningkat jauh dengan dual kamera, teknologi zoom yang cerdas dan fitur lain yang makin canggih.

Di level kamera mid-end hingga high-end tidak memiliki cukup inovasi yang bisa menjadi alasan agar orang mengganti kamera DSLR-nya sesering dulu, mereka sudah cukup puas dengan kamera yang ada karena masih cukup handal. Mengganti kamera dengan yang baru tidak lagi menawarkan kelebihan atau keuntungan yang signifikan.

Kamera Untuk Orang Tua

Memang tidak terlihat dalam angka-angka infografis di atas, tapi kita dengan jelas melihat di sekitar kita – selain segmen profesional – bahwa kamera tidak cukup menarik minat generasi muda. Orang-orang yang masih tertarik pada fotografi biasanya sekitar usia 40-60 tahun lebih – orang yang sama yang mungkin difoto dengan kamera analog saat masih anak-anak dan sekarang memiliki waktu dan uang untuk berinvestasi dalam hobi fotografi. Sedangkan anak dan cucu-cucu mereka kurang tertarik pada kamera dan lebih memilih untuk menggunakan smartphone.

Satu-satunya harapan adalah bahwa tahun 2017 ini akan menjadi tahun pertama dengan penjualan yang naik. Dan selama Januari laporan pengiriman dari CIPA tampak cukup menjanjikan, yaitu mendapat kenaikan 5% dari pengiriman kamera dibanding tahun sebelumnya. Semoga industri kamera terus berjaya.

Sumber : 43rumors.com


Lazada Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *